Gampong Ramadhan Neusu Jaya, dari Pawai Obor sampai Pasar Murah

“DARI Masjid Kita Bangkit.” Begitulah tagline salah satu kegiatan Ramadhan 1444 H yang diinisiasi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Falah, Gampong Neusu Jaya, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Untuk mengetahui apa saja konten kegiatan yang melibatkan anak-anak muda dan pelaku UMKM di Neusu Jaya tersebut, Meylida Abdani dari Portalnusa.com melihat langsung suasana di lapangan dan mewawancarai Ketua BKM Al-Falah Neusu Jaya, Abdul Halim, S.H untuk laporan Ramadhan edisi ini.

Nuansa syiar berbalut keindahan kreativitas terlihat begitu kentara ketika memasuki area ‘Gampong Ramadhan’ Neusu Jaya, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Pada Ramadhan 1444 H, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Al-Falah Neusu Jaya menggelar kegiatan Ramadhan yang diawali pawai obor, pasar murah, MTQ dan daurah tahfidz.
Ketua BKM Al-Falah Neusu Jaya, Abdul Halim, S.H mengatakan, bazar kuliner merupakan bagian dari Gampong Ramadhan. Kegiatah yang berlangsung mulai 25 Maret 2023 tersebut mengusung tema ‘Dari Masjid Kita Bangkit.

“Bazar kuliner ini bertujuan untuk membantu UMKM Gampong Neusu Jaya,” kata Abdul Halim.

Menurutnya, pada bazar kuliner disediakan enam tenda melibatkan 12 UMKM terpilih dari masyarakat Gampong Neusu Jaya yang mulai berjualan.

“Kita tidak mengutip sewa dan bahkan kita beri modal usaha juga, seperti untuk para pemuda,” ungkap Abdul Halim.

Dikatakannya, sejak diumumkan akan digelar bazar kuliner, antusiasme masyarakat begitu tinggi.

“Karena ini masih kegiatan perdana maka banyak kekurangan di sana-sini. Insya Allah dengan pengalaman kali ini kita akan terus tingkatkan pada kegiatan berikutnya. Bahkan kita akan jadikan Gampong Ramadhan ini menjadi event tahunan,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Pj Keuchik Gampong Neusu Jaya, Ichsan, S. Tr, Ak. Menurutnya, warga Gampong Neusu Jaya terpilih yang dibantu tempat usaha merupakan warga kurang mampu, fakir miskin, pengusaha kecil dan pemuda.

“Kita dari perangkat gampong mendukung penuh kegiatan ini,” ujar Ichsan.

Pada kesempatan yang sama, Camat Baiturrahman Rahmat Saiful Bahri, S.Sos, SE, MM menyebutkan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk gampong lain dalam wilayah Kecamatan Baiturrahman.

Menurut Rahmat, pihaknya mendukung dengan membantu menyediakan kupon belanja senilai Rp 10.000 sebanyak 50 lembar yang dibagikan di hari pertama kegiatan.

“Kita juga mendukung dengan mengerahkan pegawai kantor camat untuk meramaikan berburu takjil di bazar ini. Ke depan kita akan mencari donatur lainnya untuk berpartisipasi,” tutupnya.

Program Gampong Ramadhan Neusu Jaya yang dipelopori oleh BKM Al-Falah ini diapresiasi oleh TPG Gampong Neusu Jaya dan mendapat respon positif dari semua perangkat gampong hingga masyarakat.

Masuknya Ramadhan 1444 H disambut sukacita oleh masyarakat Neusu Jaya dengan berbagai tradisi bernuansa islami termasuk gegap gempitanya remaja melaksanakan pawai obor berkeliling kampung membawa pesan untuk menyambut masuknya Bulan Suci.